Mencegah Alergi Si Anak Dengan Mencuci Piring Sendiri

Kebiasaan mencuci piring sendiri harus selalu dilakukan. Tidak hanya membikin Kamu masih aktif, mencuci piring dengan tangan bakal menurunkan risiko alergi pada si anak.

Sebelumnya, penelitian sudah menghubungkan antara anak-anak yang tinggal di peternakan dengan rendahnya kejadian alergi. Dalam penelitian terakhir yang dilakukan di negara Swedia, para periset menjumpai faktor lain.



 Mereka menemukan bahwa orang tua yang mencuci piringnya sendiri, bukan dengan mesin pencuci piring, risiko alergi pada anak-anaknya tidak akan berlebihan. 

Hasil tersebut diperoleh seusai Dr Bill Hesselmar dari University of Gothenburg serta koleganya menganalisis data survei tahun 2007 dari 1.029 orangtua anak berumur 7 serta 8 tahun di Swedia. Mayoritas besar, yaitu sebesar 84 persen orangtua, memakai mesin pencuci piring. Hanya 12 persen yang mencuci piring dengan tangan. 

Pada orangtua yang memakai mesin pencuci piring, 38 persen anak dari mereka mengalami eksim. Sementara itu, orangtua yang mencuci piring dengan tangan, hanya kurang lebih 23 persen dari anak mereka yang mengalami eksim. Dengan cara keseluruhan, mencuci piring dengan tangan menurunkan risiko alergi sampai 43 persen. 

Menurut para peneliti, dalam hasil studinya dipublikasikan jurnal Pediatrics, kondisi ini disebabkan bakteri yang tertinggal pada piring bakal melatih tubuh menoleransi lingkungan. 

"Kami berupaya untuk menemukan asal paparan mikroba yang tak berbahaya dalam kenasiban sehari-hari yang lumayan baik untuk mengurangi alergi pada anak-anak yang tak terpapar tumbuhan kaya mikroba semacam yang dialami anak-anak yang tinggal di peternakan," terang Bill.

sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel