Percakapan Pertama kali Pencipta Handphone Di Dunia

Jakarta - Pada tanggal 3 April 1973 merupakan hari yang paling bersejarah dalam industri teknologi, terutama di sektor perangkat mobile. Waktu hari itu, dunia untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan suatu perangkat yang disebut yang diberi nama handphone atau telepon seluler.

Ya, pada 3 April 42 tahun silam tersebut, Martin Cooper, seorang insinyur riset Motorola yang memamerkan handphonenya pada publik pertama di dunia yang mempunyai kode nama DynaTac. 



Kala itu Cooper tak menawarkan Handphone DynaTac dengan cara yang biasa 'normal'. Ia memamerkan karakter penemuan barunya itu dengan membuat panggilan telepon pertama kali di dunia dengan memakai handphone.

Di hadapan para wartawan, Cooper yang berdiri di salah satu persimpangan jalan daerah New York dengan mengenggam salah satu handphone besutannya.

"Pada waktu itu semua orang telah memperhatikan ketika aku berlangsung menyusuri jalanan sambil berkata di telepon. Bahkan ada orang yang berhenti bergerak serta hanya memandangi aku," kata Cooper saat dikutip dari program dokumenter American United Stuff yang ditayangkan pada stasiun televisi History.

Cooper pun memasukkan suatu  nomor telepon yang ditujunya. Tahukah Kamu siapa orang yang bakal dihubungi oleh Cooper memakai handphone saat itu?

Nomor yang dihubungi Cooper adalah merupakan nomor kantor Dr. Joel S Engel, pesaing ketat Cooper yang bekerja sebagai Kepala penelitian di Perusahaan Bell Labs Phone Company.

Kepada Engel dengan bangga Cooper mengatakan, "Kamu sudah kalah! Terus aku menghubungimu memakai apa? Telepon tanpa kabel telah ada, serta saya kini memakainya untuk berkata dengan Kamu."

Sebuah kemenangan sekaligus pencapaian besar yang sukses diraih oleh Cooper beserta Motorola. Tetapi sayang, handphone Motorola DynaTac generasi pertama itu telah gagal dijual lantaran infrastruktur yang ada belum memadai.

Perlu satu dekade serta investasi lebih dari US$ 100 juta sebelum akhirnya pada 1983 handphone komersil pertama di dunia, Motorola DynaTac 8000X dapat dijual pada publik.

Meski dijual dengan harga selangit mencapai US$ 4000, handphone tersebut langsung sukses luar biasa ketertarikan tak sedikit orang. Terutama bagi mereka yang mempunyai kekayaan berlebih. Bukan sekadar manfaat, semacam di era modern,kKala itu handphone juga telah menjadi status sosial.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel