Tips Menjaga Kesehatan Dari Bencana Banjir

Jakarta - Leptospirosis atau bisa di sebut kencing tikus mengintai di sekitar warga Jakarta Pada hari Senin, 9 Februari 2015, ini kebanjiran. Ada pula sederet penyakit-penyakit lain, termasuk  chikungunya, demam berdarah,  tetanus, penyakit kulit, dan  infeksi saluran pernapasan akut.

Untuk menghindarinya, menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto, adalah kita  menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitarnya. "Lingkungan, dan apapun yang kita makan itu harus selalu bersih juga," katanya, seperti ditulis duniasatu.com hari ini. Berikut inilah tips menjaga kesehatan Dari Bencana Banjir.



1. Memilih Tempat Pengungsian
Koesmedi Priharto mengatakan tempat pengungsian terkadang justru menjadi sumber segala penyakit. Sebab, pengungsian merupakan tempat berkumpulnya orang yang berpotensi sakit dengan fasilitas tempat seadanya. Dia mengimbau pengungsi agar memilih tempat dengan kebersihan yang terjaga dan memiliki ruangan dengan kecukupan sirkulasi udara.

2. Hindari Dari Pergudangan
Di Jakarta Barat terdapat salah satu titik kejadian leptospirosis yang berulang. "karena adanya banyak tempat gudang di sana yang mungkin sudah terlewatkan saat warganya membersihkan lingkungan di sekitar itu," kata  Koesmedi.

3. Segera Mengobati Luka
Amaranila Lalita Drijono, adalah dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin,untuk meminta korban banjir itu segera menutup luka dengan cara yang paling benar. 

4. Cek kesehatan secara berskala
Semua pusat kesehatan masyarakat di Jakarta itu sudah disiagakan untuk menangani korban banjir. Tim Aksi Anti-Kuman— Tim gabungan Komunitas “Bersih,, Dinas Kesehatan, dan PT Unilever Indonesia Tbk—juga sudah menyediakan tempat pos di delapan area perumahan  lima wilayah daerah Ibu Kota.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel