Rumah Warga Kembali Tergenang Akibat Lubernya Lapindo

Tanggul penahan lumpur Lapindo di titik 74 tak sanggup menampung volume dampak tingginya curah hujan terjadi di kawasan itu. Faktor itu menyebabkan lumpur meluber serta mengairi puluhan rumah warga di Desa Gempolsari, Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut keterangan Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo, Dwinanto P, curah hujan lumayan tinggi selagi kemarin hari terbaru membikin tanggul penahan lumpur di titik 74 tak kuat menahan volume luberan lumpur dari dalam kolam penampungan. 

"Puncaknya pada hari Kamis dini hari tadi, lumpur dengan cepat meluber keluar jadi puluhan rumah yang ada di Desa Gempolsari tenggelam dampak luberan lumpur yang mengalir tersebut," kata Dwi saat dilansir dari Antara, Kamis (19/3).

Dwi berkata, sekarang kurang lebih seratus orang warga rumahnya terendam lumpur terpaksa mengungsi diberbagai balai desa setempat. "Kami juga telah melakukan koordinasi dengan warga tergolong memberikan keperluan makanan selagi mereka di lokasi evakuasi tersebut," ucap Dwi.

Dwi meningkatkankan, buat menanggulangi lubernya lumpur itu sekarang mereka telah mengerahkan dua unit pompa air untuk mengalirkan lumpur menuju kolam utama. Selanjutnya dua kapal keruk bakal beroperasi buat membuang lumpur menuju ke Kali Porong.

"Selain itu, kita tetap memakai alur di segi selatan rumah warga serta juga mengalirkan lumpur ke sungai terdekat agar volume lumpur dapat segera diberakhirkan," sambung Dwi.

Dwi melanjutkan, sekarang pihaknya tetap berkonsentrasi menekan volume lumpur di dalam kolam penampungan, baru kemudian melakukan pembetulan tanggul lumpur.

"Pengaliran lumpur ke Kali Porong sekarang yang menjadi konsentrasi kita agar luberan lumpur dapat segera bertidak lebih, serta kita dapat melakukan pembetulan tanggul lumpur yang pernah terkena luberan," tutup Dwi.


sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel