Saluran Pencernaan Yang Sehat Pengaruhi Kecerdasan Anak

Saluran cerna adalah organ imunitas paling besar serta mempunyai beberapa manfaat. Tidak hanya mengolah gizi, sistem pencernaan juga penting bagi pertumbuhan otak serta penunjang tumbuh kembang anak. Sayangnya, tak sedikit orangtua yang belum sadar dengan fakta ini.

Orangtua pasti rutin menginginkan anak yang dilahirkan cerdas serta bisa berperilaku baik. Para pakar sudah menemukan bahwa, dua performa yang dibentuk di usia awal anak mempengaruhi tumbuhnya kembang bayi, ujar salah satu seorang dokter spesialis anak, Dr dr Ahmad Suryawan, SpA(K).

Semacam hal sudah diketahui, nutrisi yang didapat anak selagi 1000 hari pertama sangat menentukan tumbuh kembang anak. Faktor ini tak hanya penting untuk otak, tetapi juga bagi pencernaan. Dr Ahmad berbicara bahwa, perkembangan otak anak sangat dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan.

“Perkembangan otak manusia pada masa atau puncak kritisnya terjadi di antara dua tahun pertama kenasiban anak. Ini sama dengan masa kritis pembentukan koloni mikrobiota di saluran cerna anak, yang terjadi hanya sekali seumur nasib,” jelasnya dalam seminar "Happy Tummy Council", di Hotel Mandarin, Jakarta, Senin (16/3/2015).

Mikrobiota (terutama mikroorganisme baik) dalam saluran pencernaan manusia penting untuk proses pencernaan serta penyerapan makanan, yang sangat berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, penemuan baru mengungkapkan bahwa, mikrobiota juga bermanfaat mengirimkan sinyal untuk berkomunikasi dengan otak.

“Saluran cerna yang sehat mengirim sinyal positif jadi bisa mempengaruhi perkembangan pada otak. Begitu pula sebaliknya, sinyal yang dikirimkan otak bakal mempengaruhi komposisi mikrobiota dalam saluran cerna yang mempengaruhi proses penyerapan nutrisi. Inilah mengapa saluran cerna dianggap semacam otak kedua,” jelasnya. 

Konsep tersebut disebut sebagai Gut-Brain Axis. Para pakar mengungkapkan bahwa, waktu perkembangan pada otak manusia, yang dikatakan mencapai 80 persen saat di usia dua tahun pertama, mirip semacam perkembangan komposisi mikrobiota dalam pencernaan anak.

Komposisi mikrobiota dalam saluran cerna yang tak berkembang dengan baik di usia awal anak bisa mengganggu perkembangan mereka di kemudian hari. Oleh sebab itu, penting bagi bunda hamil serta orangtua anak untuk mengontrol stres, pola makan, serta kesehatan untuk menjaga pencernaan. Ketidakseimbangan komposisi mikrobiota sudah dikaitkan dengan obesitas serta beberapa gangguan perilaku.

“Pengetahuan ini wajib diketahui oleh setiap calon ibu. Kuncinya adalah kontrol selagi mengandung, hamil yang nyaman, persalinan yang nyaman pula, memberikan  ASI eksklusif, tergolong mempunyai pola asuh yang sensitif, responsif, serta konsisten supaya anak masih mendapat asupan gizi yang baik tanpa stres,” tutupnya.


sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel