Uni Eropa: Rusia Tak Akan Menjadi Anggota UE

Jakarta - Rusia adalah bagian dari Benua Eropa. Tetapi hubungan Negeri Beruang Merah dengan organisasi negara benua biru, Uni Eropa (UE) kerap dalam kondisi tidak bersahabat.

Mulai dari persoalan Ukraina hingga sejumlah persoalan yang terjadi di dunia UE, Rusia selalu berseberangan pendapat. Sebab itu, UE langsung mengambil sikap tegas menolak Rusia masuk dalam organisasinya.


"Rusia jadi bagian dari Uni Eropa itu tidak mungkin, tidak mungkin," kata Delegasi UE, Werner Langen, di sela-sela kunjungannya di Jakarta, Rabu (18/3/2015).

"Kami ingin membentuk relasi yang baik dengan antarseluruh negara di Eropa, tapi konflik yang terjadi di Ukraina bukan contoh yang baik," sambung dia.

Tentang krisis Ukraina, UE selalu mencoba mencari solusinya. Bahkan persoalan itu selalu menjadi acara mutlak UE setiap saat. "Untuk konflik Ukraina kita mendiskusikannya setiap hari setiap pekan," tambah Langen.

Langen membahas pihaknya belum menuturkan terkait status keanggotaan Ukraina di UE. Tetapi untuk berbagai negara lain yang bakal bergabung dengan UE telah ada perundingan.

"Kami telah mengawali negosiasi dengan Serbia, Montengro, serta Albania. Tapi untuk Ukraina kita belum mengawali negosiasi itu," pungkas Langen. 


sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel