Inilah Cara Menghentikan Mimisan di Hidung

MIMISAN bisa jadi merupakan hal yang menakutkan, memalukan dan sedikit kotor. Tapi, sebenarnya mimisan merupakan hal biasa yang terjadi selama musim dingin dan untungnya bukan merupakan tanda sesuatu yang serius.

"Mimisan bisa disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda," kata Director of Divisions of Rhinology and Endoscopic Sinus-Skull Base Surgery and Allergy at Eastern Virginia Medical School, Joseph K. Han, MD seperti dilansir laman Health baru-baru ini.



Penyebab mimisan yang paling umum adalah kekeringan di mukosa, jaringan berbentuk membran yang melapisi bukaan tubuh, khususnya mulut dan hidung. Mukosa, terutama di septum hidung, memang dipenuhi pembuluh darah. Fungsinya adalah mencegah  perdarahan dan menjaga hidung tetap lembab.
Penyebab umum lainnya termasuk menggaruk bagian yang sama dari kulit berulang. Misalnya, mengupil yang sering merupakan masalah bagi anak-anak.
Ada pula sebab lainnya. Yakni penggunaan obat semprot hidung setiap hari yang bisa menyebabkan erosi mukosa.

Lantas, bagaimana cara menghentikan mimisan? Dr. Han mengatakan, cara terbaik untuk menghentikan mimisan adalah dengan menjaga lapisan hidung Anda tetap dehidrasi.

Jika mimisan, tak usah panik. Dr. Han menyarankan penderita mimisan mencubit hidung tepat di bawah tulang ketika pendarahan terjadi. Selanjutnya, sandarkan kepala sedikit ke depan dan gunakan tisu untuk menghentikan pendarahan.

"Penyebab paling umum dari hidung pendarahan adalah pendarahan dari pembuluh darah di bagian depan hidung yang akan menyebabkan tetesan kecil darah," katanya.

Tetapi jika mengalami aliran darah yang lebih besar, berarti mimisan itu merupakan hal serius. Beberapa penyebab umum mimisan berat termasuk fraktur hidung (biasanya dari jatuh atau mendapatkan hit di wajah), tumor atau gangguan perdarahan. Selain itu, penderita tekanan darah tinggi juga bisa mengalami mimisan.

Bagaimana jika mimisan tak berhenti dalam waktu 15-20 menit meski sudah mencubit hidung bagian bawah ataupun menggunakan obat semprot? Dr Han menyarankan sebaiknya segera ke dokter. Hal itu untuk mengetahui penyebab pasti mimisan dan obat yang sesuai untuk menghentikannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel