Awas...!!! Sering Lembur Bisa Mengakibatkan Seseorang Bisa Cepat Mati

Anda seorang workholic? Jika ya, ada baiknya mulai sekarang kurangi jam lembur. European Heart Jurnal melaporkan bahwa banyak lembur bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Marianna Virtanen, seorang epidermitologis di Finnish Institute of Occupational Healt di Helsingki memperingatkan para tukang lembur untuk berhati-hati. 




Memang, penelitian ini tidak jelas menemukan jika lembur membuat cepat mati. Namun dari data 6000 pekerja, dilakukan penelitian sekitar 11 tahun untuk membuktikan bahwa ada 369 dari mereka meninggal karena serangan jantung. Ada 5 hal yang menjadi alasan, kenapa kerja lembur bikin cepat mati.

1. Begadang

Bekerja terlalu keras kadang bikin kita lupa waktu dan kurang tidur. Tapi cobalah mulai sekarang untuk mengatur jam tidur. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa kurang tidur akan melemahkan daya tahan tubuh.




















Selain daya tahan turun, rupanya begadang juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi. Orang dewasa baiknya tidur tujuh sampai delapan jam semalam. Para ahli juga menyarankan agar kita memiliki jam yang sama saat tidur.

2. Terlalu Lama Duduk

Penelitian membuktikan bahwa terlalu banyak duduk memang menyebabkan kematian dini. Posisi saat bekerja tak berubah dalam jangka waktu lama itu bisa meningkatkan kolestrol jahat. Hal ini berisiko menyumbat aliran darah ke jantung.



















Jika pekerjaan mengharuskan duduk di depan komputer dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk sesekali jalan di tempat. Melakukan olahraga kecil untuk perenggangan. Lakukan hal itu secara rutin beberapa agar peredaran darah lebih lancar.

3. Kelelahan

Bekerja dan mendapatkan uang memang sesuatu yang membahagiakan. Namun, jangan sampai mengabaikan kondisi tubuh. Jika merasa lelah, berhentilah. Sepertihalnya mesin, tubuh juga perlu diistirahatkan.


















Jangan sampai seperti Mita Diran, seorang gadis yang bekerja sebagai penulis di Y&N Grup. Dia meninggal setelah bekerja 30 jam nonstop. Sebelumnya, Mita mengalami pingsan karena kelelahan. Setelah dilarikan ke rumah sakit, ternyata Mita mengalami koma dan akhirnya meninggal dunia.

4. Depresi

Biasanya orang yang gila kerja rentan mengalami depresi. Memikirkan pekerjaan yang tidak ada habisnya memang membuat enggan melakukan liburan. Boro-boro liburan, waktu kumpul dengan keluarga saja tidak ada.


















Jangan anggap remeh stress kerja. Penelitian mengungkap bahwa stress berat bisa mempercepat kematian antara tujuh sampai 24 tahun. Jadi, jika Anda termasuk orang gila kerja, tetaplah ingat keluarga dan buatlah jadwal rutin untuk refreshing ya.

5. Kualitas Makan kurang

Riset membuktikan bahwa banyak pekerja lembur yang mengalami mual, dan sakit perut. Itu hanya salah satu dampak dari pola makan yang tidak teratur. Tak hanya itu, lembur juga memicu Anda melupakan makan, dan mengkonsumsi kopi berlebihan.


















Kandungan kafein berlebihan akan menyebabkan insomnia, gugup dan gelisah. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga melemahkan daya tahan, sebab sifat kafein adalah menyerap vitamin, mineral, serta cairan dalam tubuh. Jadi jangan heran jika Anda mudah terserang penyakit jika terlalu banyak lembur ditemani kopi.

Mengejar dunia boleh saja, tapi jangan lupakan kesehatan Anda. Jangan sampai menyesal jika sudah terlanjur terserang berbagai penyakit. Ingatlah keluarga, luangkan waktu untuk mereka. Berlibur di akhir pekan itu menyenangkan, bukan?




sumber : http://www.orangdalam.com/bikin-cepat-mati/864
sumber : http://www.sebarkanlah.info/2016/03/gawatt-keseringan-lembur-ternyata-bikin.html#!/ilovestm

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel