Legenda Sepak Bola Johan Cruyff Tutup Usia

Barcelona - Kabar duka datang dari Barcelona. Legenda sepakbola asal Belanda, Johan Cruyff, meninggal dunia pada usia 68 tahun.

"Johan Cruyff 1947-2016" demikian tulis kabar yang diunggah di situs resmi milik sang maestro, World of Johan Cruyff. Cruyff meninggal dunia pada hari ini, Kamis (24/3/2016), setelah berjuang melawan kanker.





"Pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff (68), meninggal dengan tenang di Barcelona, dikelilingi oleh keluarganya setelah berjuang melawan kanker. Dengan penuh dukacita, kami meminta kesediaan untuk memberikan ruang pribadi kepada pihak keluarga selama masa berkabung ini," demikian pernyataan yang tertulis setelahnya.

Cruyff adalah legenda, baik sebagai pemain maupun pelatih. Ia adalah "anak kandung" Total Football yang dicetuskan oleh Rinus Michels. Sebagai pemain, ia pernah meraih berbagai gelar juara bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Feyenoord.

Sebagai pelatih, ia mengoleksi banyak trofi bersama Ajax dan Barcelona, termasuk European Cup (nama lama Liga Champions) pada 1992 bersama Barca.

Cruyff jugalah yang mencetuskan La Masia, yang kini kondang sebagai akademi milik Barcelona. Dari La Masia itulah kemudian lahir pemain-pemain yang di kemudian hari menjadi sosok penting bagi Barca dan juga timnas Spanyol.





sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel