Cewek Google Berikan 5 Tips Keamanan Berinternet

DUNIASATU.COM - Setiap 7 Februari, netizen memperingati Hari Internet Aman Sedunia. Bertepatan dengan hari itu, Google memberikan berbagai tips aman untuk berselancar di dunia maya.

Tips tersebut diberikan langsung oleh Parisa Tabriz, Director of Engineering Google, melalui sebuah sesi wawancara jarak jauh. Ia sendiri saat ini bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dari produk Chrome.

Menurut Tabriz, saat terhubung ke internet, pengguna merasa aman karena berpendapat langsung terhubung ke situs web yang dituju dengan koneksi pribadi.

"Faktanya, tidak langsung terhubung perangkat ke web, harus melewati beberapa tahap," kata Tabriz kepada wartawan di Jakarta. Selalu ada kemungkinan pihak ketiga berupaya mengganggu koneksi tersebut.

Sementara para penyedia layanan berusaha mencegah intervensi keamanan di internet, sebaiknya pengguna juga menjaga diri. 

Selain Director of Engineering Google, Tabriz juga dikenal sebagai "Security Princess" alias Putri Keamanan di Google. Ia mengawali karirnya sebagai hired hacker software engineer untuk tim keamanan Google. 
Selain itu, ia juga mengajar di Harvard Kennedy School, menjabat sebagai konsultan untuk Gedung Putih Amerika Serikat, dan menjadi konsultan untuk beberapa penulis hiburan memahami dunia cyber security. 

Berikut adalah tips aman berselancar di internet yang diberikan Tabriz, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Antara, Kamis (9/2/2017).

1. Waspada gratisan

Jangan langsung percaya bila ada yang menawarkan bantuan atau sesuatu secara cuma-cuma di dunia maya. Penyerang akan meminta pengguna melakukan sesuatu yang membuat keamanan saat berselancar di internet berkurang.

2. Jangan pakai kata kunci yang sama

Biasakan untuk menggunakan kata kunci yang berbeda untuk setiap akun di media maya. Manfaatkan aplikasi password manager, seperti yang tersedia di Google Chrome, untuk membantu mengingat kata kunci.

3. Berhati-hati gunakan komputer bersama

Jangan masuk ke suatu akun menggunakan komputer bersama, terutama memverifikasi pengaturan keamanan akun. Aktifkan recovery e-mail di pengaturan akun Anda sehingga bila lupa atau terjadi sesuatu, akan mendapat akses melalui e-mail alternatif.

4. Ketahui perangkat lunak dan aplikasi yang dipasang

Anda sebaiknya mengetahui semua perangkat lunak dan aplikasi yang dipasang di perangkat, baik komputer maupun ponsel.

5. Perbarui program dan aplikasi

Pastikan memperbarui program dan aplikasi yang digunakan. Perangkat lunak selalu diperbarui untuk menambah performa dan keamanan.


sumber : kompas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel