Drone Mampu Menyelamatkan Nyawa Manusia Dalam 5 Menit

STOCKHOLM – Drone telah menjadi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kini tak hanya sekadar fotografi dan videografi saja, drone bahkan mampu menyelamatkan nyawa manusia.Seperti inovator Jepang yang telah menciptakan drone untuk menyebar pupuk tanaman, Amazon juga menggunakannya untuk mengirimkan paket.


Tak hanya itu, drone juga bisa digunakan sebagai penari cadangan untuk bintang pop. Kini drone muncul bisa membantu menyelamatkan nyawa seseorang.

Pesawat tak berawak penyelamat itu dikembangkan oleh Flypulse, sebuah startup asal Swedia. Drone ini diklaim bisa membawa peralatan yang dapat menyelamatkan nyawa ke tempat darurat medis. Drone ini juga memiliki kemampuan untuk menghadirkan Automated External Defibrillators (AED) dengan kecepatan yang luar biasa, bahkan empat kali lebih cepat dari pada ambulans.

Laporan American Heart Association (AHA) menyebutkan setiap tahun lebih dari 350.000 orang menderita serangan jantung di luar rumah sakit di Amerika Serikat. Hanya 12% yang selamat melalui rumah sakit.

Saat uji coba berlangsung, drone ini berhasil mengantarkan defibrilator dalam waktu rata-rata lima menit dan 21 detik melewati 18 penerbangan, dibandingkan dengan waktu pengiriman ambulans yang rata-rata 22 menit.

Drone yang hampir berada di jajaran sekelas DJI Phantom ini mampu terbang sekira 20 menit sekaligus dan dapat menempuh jarak beberapa mil. Demikian dilaporkan IBTimes, Senin (19/6/2017).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel