Tips Menggunakan Ponsel Agar Awet

DUNIASATU.COM, JAKARTA – Alat elektronik memang tidak selalu bisa diprediksi masa pemakaiannya, apabila kita tidak berhati-hati menggunakannya bisa terjadi kerusakan yang sangat cepat.

Dilansir dari Bright Side, berikut tips agar alat elektronik Anda seperti ponsel, laptop, tablet bisa awet.


Charger Baterai Secukupnya

Jika perangkat elektronik Anda sudah memakai baterai yang modern, maka tidak perlu khawatir. Karena Anda tidak perlu menunggu saat men-charging, daya akan penuh dengan sendirinya. Pengontrol inbuilt akan menghentikan daya agar tidak mengambil arus lebih dari yang diperlukan , jadi tidak ada risiko pengisian daya baterai yang berlebihan.

Tetapi ini tidak berarti Anda harus terus menerus mengisi ponsel Anda. Baterai akan bertahan lebih lama jika Anda menyimpan muatan antara 40% dan 80%.

Kontrol Temperatur

Saat menggunakan laptop, hindari menaruhnya di lutut atau meletakkannya di tempat tidur. Ventilasi udara pada perangkat tidak boleh terhalang, hal ini untuk mencegah panas yang berlebih pada laptop Anda.

Solusinya, Anda bisa gunkan kipas tambahan agar tetap membuat udara pada laptop Anda stabil. Suhu tinggi adalah musuh terburuk pada baterai lithium-ion, mereka sama sekali tidak tahan panas. Maka dari itu, jangan memaparkan perangkat Anda langsung pada sinar matahari.

Begitupun dengan ponsel Anda, sebisa mungkin gunakan ponsel Anda dalam keadaan suhu normal, jika langsung terkena matahari, ponsel Anda akan cepat memanas seperti hal nya laptop Anda.

Voltage Fluctuations


Jangan pernah menyalakan komputer, laptop bahkan memainkan ponsel Anda saat terjadi hujan yang disertai dengan petir. Apalagi jika Anda sedang men-charger perangkat elektronik Anda, sebaiknya cabut dengan segera.

Perkara ini bukan mitos, selama badai petir peralatan listrik bisa mengalami kerusakan yang sangat fatal, bahkan menyebabkan konslet. Filter jaringan dimaksudkan untuk melindungi perangkat Anda dari tegangan berlebih, namun tidak akan tahan terhadap petir yang kekuatannya mencapai ribuat gigavolt.

Bersihkan Debu dan Kotoran Pada Perangkat


Debu dan kotoran memang kerap mengganggu penampilan pada perangkat elekktronik, terutama pada laptop. Sebaiknya, bersihkan minimal sebulan sekali agar terhindar dari kerusakan. Biasanya, debu dapat mengakibatkan pendingin komputer atau kipas menjadi sangat panas.

Caranya, cukup bongkar wilayah kipas pada laptop Anda. Jika tidak tahu, Anda cukup membawanya ke tempat service langganan Anda.

(kem)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel