Google Maps Sediakan Rute Tikus Khusus Buat Pemotor

JAKARTA - Google Maps kini mengakomodir kebutuhan pemotor. Sebelumnya, aplikasi penunjuk arah besutan Google itu hanya melayani pengguna transportasi umum, pejalan kaki, dan mobil pribadi.

Tapi tidak dengan Google Maps terbaru di mana pemotor bisa mengandalkan aplikasi tersebut untuk mencapai destinasi.

Lantas apa pembedanya dengan pengguna moda kendaraan yang lain?
Pertanyaan itu langsung dijelaskan Product Marketing Manager Google Indonesia Sasha Sunu.

Dia mengungkapkan, khusus rute untuk sepeda motor, Google Maps akan ikut menyajikan rute jalan-jalan pintas berukuran kecil yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.




Petinggi Google dalam peluncuran fitur baru Google Maps (TRIBUNNEWS.COM/FAJAR)

Selain itu, Google Maps tidak akan menyertakan jalur melewati jalan tol yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Jadi, akan diberikan opsi jalan-jalan kecil, jalan tikus. Perkiraan waktu tempuhnya juga disesesuaikan karena pengendara motor bisa selap-selip, sehingga kerap lebih cepat sampai dibandingkan mobil,” terang Sasha ketika berbicara dalam acara Google Maps Update di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Cara gunakan rute jalan tikus
Langkah awal, pastikan dulu Google Maps versi terbaru sudah ter-install di perangkat. Lalu akan ada pilihan untuk pemotor yang diwakili lewat ikon motor. Klik ikon tersebut.



Penelusuran Tribunnews.com terkait fitur rute khusus sepeda motor di aplikasi Google Maps, Selasa (20/3/2018). (Vincentius Jyestha/Tribunnews.com)

“Di bagian detil navigasi, patokan (landmark) yang mudah diingat akan ditandai dengan huruf ‘i’ dalam lingkaran biru, untuk mempermudah pengendara sepeda motor dalam mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui,” sambung Sasha.

Opsi rute sepeda motor di Google Maps akan bisa digunakan di seluruh Indonesia, terutama kota-kota padat lalu lintas seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Sayangnya, baru platform Android yang mendapat fitur ini. Google belum memastikan waktunya kapan perangkat iOS kebagian.

Lain halnya bagi driver ojek online di mana rute navigasi yang disajikan berasal dari rute yang paling banyak diminta oleh para pengguna di Indonesia. M
 Selain pengguna umum, fitur navigasi khusus kendaraan roda dua di Google Maps ini diharapkan bisa membantu para driver ojek online yang seringkali berlalu-lalang di jalanan dan membutuhkan navigasi mumpuni.

“Dulu, berdasarkan percakapan kami dengan ratusan pengedara motor di Jakarta, mereka sering menggabungkan rute navigasi mobil dan pejalan kaki. Ini tidak akurat dan bisa jadi malah berbahaya,” timpal Group Product Manager Google Maps, Krish Vitaldevara.

Dia menambahkan Google membutuhkan waktu empat bulan lamanya untuk menambah fitur rute khusus sepeda motor di Indonesia.
Dalam rentang waktu itu, Google memperkaya dengan 29 ribu rute jalan kecil yang bisa dilalui sepeda motor, 3.000 km jalan baru, dan 10.000 segmen jalan yang hanya bisa dilalui mobil (tol).

Google juga berencana memperbarui API Maps yang digunakan di aplikasi perusahaan-perusahaan ojek online, sehingga lebih akurat dan up-to-date dengan fitur-fitur terkini.

Alhasil, para mitra driver ojek tak lagi perlu bolak balik membuka aplikasi driver untuk mendapat order dan Google Maps untuk navigasi ke tujuan.



sumber:tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel